Rabu, 22 November 2017

Dr. Oman Fathurahman (Peneliti PPIM dan Dosen Fak. Adab & Humaniora UIN Jakarta, peneliti naskah–naskah kuno, dan ketua Masyarakat Pernaskahan Nusantara, serta menjadi Research Fellow dari The Alexander von Humboldt–Stiftung Jerman di Universitat zu Kohln)

Dr. Oman Fathurahman (Peneliti PPIM dan Dosen Fak. Adab & Humaniora UIN Jakarta, peneliti naskah–naskah kuno, dan ketua Masyarakat Pernaskahan Nusantara, serta menjadi Research Fellow dari The Alexander von Humboldt–Stiftung Jerman di Universitat zu Kohln)

Pelebaran Sayap MelayuOnline.com

Berawal dari sebuah ‘pertemuan tak sengaja‘ di dunia maya, saya mengenal situs MelayuOnline.com pada awal kelahirannya, satu tahun yang lalu. Mulanya saya menganggap tidak ada yang spesial dari situs ini, mungkin ini hanya situs yang ingin mempromosikan Riau sebagai salah satu pusat aktivitas ke-Melayu-an, begitu pikir saya saat itu.

Namun, sepertinya saya keliru, karena dari hari ke hari pengelola MelayuOnline.com terus menunjukkan kesungguhan dan profesionalisme, baik dalam penyempurnaan penampilan situsnya, maupun dalam pengisian kolom dan artikelnya. Kini, pembaca mungkin tidak akan pernah membayangkan bahwa setahun yang lalu MelayuOnline.com tidak secantik sekarang ini : menunya komplit, informasinya terkini, visualisasinya kaya, jaringannya pun tampak semakin luas.

Alhasil, dalam usianya yang masih sangat dini, MelayuOnline.com sudah mulai menjadi salah satu rujukan utama bagi siapapun yang ingin mengetahui berbagai informasi tentang dunia Melayu. Mesin pencari Google pun menempatkan situs ini di antara urutan terdepan ketika pengguna internet mencari kata kunci ‘dunia melayu‘ atau ‘tentang melayu‘.

Sudah patutkah kita merasa puas? Jawabannya jelas: tidak! Masih banyak yang perlu dibenahi dan dikembangkan untuk menjadikan situs ini benar-benar sebagai rujukan informasi tentang dunia Melayu, tidak saja informasi harian yang ringan-ringan, melainkan informasi intelektual akademis yang dapat dijadikan sebagai rujukan bagi para sarjana atau peneliti tentang dunia Melayu. ‘Silaturahmi‘ dengan portal-portal ke-Melayu-an lain pun, baik di dalam maupun di luar negeri, tidak boleh dilupakan, demi untuk membentuk sebuah jaringan yang akan saling mendukung serta memberi manfaat dalam mewujudkan visi dan mimpi kita bersama.

Dan yang lebih penting dari itu, bagaimana mengupayakan agar suatu hari nanti MelayuOnline.com dapat menampilkan cakupan wilayah dunia Melayu dalam pengertian seutuhnya, sehingga keseluruhan tradisi, budaya, dan berbagai aspek ke-Melayu-an yang tercecer di berbagai wilayah dapat ditampilkan. Konon, dalam naskah-naskah kuno bahkan disebutkan bahwa istilah ‘dunia melayu‘ pernah disamaartikan dengan istilah ‘bilad jawah‘ yang merujuk tidak saja pada Indonesia secara keseluruhan, melainkan Nusantara dalam pengertian yang sangat luas.

Akhirnya, saya ucapkan selamat berulang tahun, dan sukses selalu bagi segenap pengelola MelayuOnline.com, semoga terjaga terus semangat dan staminanya! Salam.

Dr. Oman Fathurahman

Peneliti PPIM dan Dosen Fak. Adab & Humaniora UIN Jakarta, peneliti naskah-naskah kuno, dan ketua Masyarakat Pernaskahan Nusantara, serta menjadi Research Fellow dari The Alexander von Humboldt-Stiftung Jerman di Universitat zu Kohln

Dibaca : 875

13
Sahabat online

Hari ini : 381 Kemarin : 187 Minggu kemarin : 1.181 Bulan kemarin : 3.695

Anda pengunjung ke :
306.961

© 2010. All rights reserved.