Minggu, 17 Oktober 2021

Ir Alfred Menayang MM (Pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua, Pengurus PR Society of Indonesia.)

Ir Alfred Menayang MM (Pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua, Pengurus PR Society of Indonesia.)

Selamat Hari Jadi : Promosikan, Perkaya & Pertahankan Melon!

Bung Mahyudin dan segenap crew & creative team melon yang berbahagia,

Selamat Hari Jadi[1]pertama untuk portal melayuonline.com, yang telah menjadi salah satu portal kelas dunia, hasil karya terbaik putra-putri bangsa Indonesia. Atas segala pencapaian ini, tentu segala puji dan syukur patut kita kembalikan kepada Tuhan YME.

Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Bung Mahyudina Al Mudra yang memprakarsai dan mempertahankan kelangsungan portal ini. Melalui portal yang luar biasa ini, crew dan creative team melon telah menjadi Public Relations yang handal dalam usaha pelestarian kebudayaan dan tradisi melayu di dunia.

Tepat sekali pemilihan "melon" sebagai nickname portal ini, karena kita semua tahu bahwa buah melon selain dapat menghilangkan rasa lapar juga menghilangkan rasa haus. Melon dalam tempo setahun telah dikunjungi hampir sejuta kali, artinya melon sanggup memenuhi kebutuhan para pengunjungnya yang lapar pengetahuan budaya serta haus akan informasi seputar melayu. Para pengunjung portal selalu mendapatkan melon yang segar, karena portal ini setiap hari diupdate dan diperkaya isinya.

Keragaman Budaya Indonesia

Saya termasuk yang beruntung karena mengenal melon pertama kali langsung dari Bung Mahyudin pada kunjungan dengan Bung Fakhrunnas MA Jabbar ke Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu di Yogyakarta bulan Mei 2007 yang lalu. Silaturahmi kami menjadi semakin dalam karena melon memuat resensi Kamus Melayu Manado yang disusun oleh almarhum ayahanda kami JF Menayang.

Sangatlah berkesan bagi kami pada waktu Bung Mahyudin mencoba memakai Melayu Manado dalam berkomunikasi. Semoga keinginan kita semua agar Kamus Melayu Manado bisa dibaca oleh lebih banyak orang melalui melon dapat segera bisa terwujud. Semoga melon dapat berperan sebagai satu mosaik dalam keragaman budaya Indonesia.[2]

Saran & Harapan

Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin canggih, barangkali ke depan melon dapat mengoptimalkan keberadaannya melalui berbagai media yang dikategorikan sebagai Web 2.0 antara lain melalui berbagai Social Media (Friendster, MySpace, Facebook, Linkedin) dan Video Sharing Sites (YouTube). Sehingga dapat dijangkau berbagai komunitas untuk mengetahui, menggunakan dan berpartisipasi dalam pengembangan portal ini.

Prestasi melon yang sampai saat ini mampu bertahan untuk tetap menyajikan yang terbaik bagi masyarakat Melayu dan peminat budaya Melayu di seluruh dunia tentu sangat memerlukan dukungan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila melon ingin mengoptimalkan berbagai media komunikasi canggih yang disebut sebagai Web 2.0

Tentu perlu diintensifkan promosi keberadaan dan keberlangsungan portal ini melalui berbagai media cetak dan elektronik serta melalui berbagai road show dan diskusi. Sepantasnyalah apabila berbagai instansi pemerintah, swasta serta perorangan yang mendapatkan manfaat dari keberadaan portal ini juga dapat berpartisipasi dalam penggalangan dana.

Kegiatan portal ini, misalnya dalam peliputan berita, penambahan atau koreksi data, dan sebagainya kiranya dapat dijadikan tempat magang oleh berbagai sekolah dan perguruan tinggi, sehingga juga dapat membantu promosi keberadaan portal melon ini.

Akhir kata, terimalah sekali lagi ucapan "selamat hari jadi" dari kami sekeluarga maupunsebagai pengurus Kerukunan Keluarga Kawanua dan sebagai pengurus PR Society of Indonesia. Semoga melon makin dikenal dan makin bermanfaat bagi upaya pelestarian budaya dan tradisi Melayu serta peradaban universal.

Jakarta, 20 Januari 2008

[1] "Selamat Hari Ulang Tahun" dalam Melayu Manado

[2] Dikutip secara analog dari sambutan Dr. Victor Menayang pada cover belakang KMM

Dibaca : 1470

0
Sahabat online

Hari ini : 0 Kemarin : 0 Minggu kemarin : 1.276 Bulan kemarin : 4.949

Anda pengunjung ke :
472.070

© 2010. All rights reserved.